Image default
Nasional

AM Hendropriyono Singgung Sumpah Prajurit yang Telah Berubah, Ini Versinya

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono mengatakan, banyak hal yang berubah dalam tubuh TNI khususnya sumpah prajurit. Hal itu disampaikan Hendropriyono saat sambutan dalam acara halal bi halal di depan Purnawirawan TNI di The Dharmawangasa, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019). "Buat kita melihat sekarang ini dengan waktu kami dulu yang masih aktif banyak yang beda. Banyak yang aneh aneh, selain UUD nya beda, UU nya juga ganti, sumpah prajuritnya juga berubah," ujar Hendropriyono.

"Karena itu ada satu pesan dari pendiri bangsa kita, bahwa kalau pada suatu hari kita bingung kemana sebetulnya jalan revolusi kita ini. Kembali lah kepada hasil penderitaan rakyat yaitu Pancasila UUD 1945," lanjutnya. Untuk itu, di dalam acara halal bihalal itu, akan membacakan pernyataan sumpah prajurit versi asli. Pembacaan itu dipimpin oleh Jenderal (Purn) Try Sutrisno.

"Karena itu kita di sini sesuai skop kita nanti yang akan dipimpin oleh Pak Try Sutrisno untuk mengenang kembali bagaimana sumpah prajurit yang memang kita hapal diluar kepala. Ini benar atau salah, yang berubah atau yang aslinya yang salah, masa asli bisa salah, jadi supaya kita mengingat kembali yang aslinya," kata Hendropriyono. Hendropriyono tidak mempermasalahkan berubahnya sumpah prajurit. Namun, yang terpenting baginya jiwa semangat prajurit harus tetap ada.

"Jadi silakan dimodifikasi, tapi jiwanya itu harus tetap ada. Kira kira itu, kemudian sapta marga, sapta marga tidak ada perubahan karena itu harus follow up," jelas Hendropriyono. Lebih lanjut, Hendropriyono seluruh jenderal purnawirawan bisa terus mempererat silaturahmi dengan adanya pertemuan ini. Ia meminta seluruh purnawirawan TNI tetap mengedepankan persatuan dan mendukung keamanan bangsa.

"Semoga kedepan kita lebih sejahtera, para purnawirawan tambah bersatu dan tambah kuat untuk mendukung kehidupan dan kesejahteraan dan kemananan dari negara dan bangsa NKRI," tuturnya. Usai sambutan, Jenderal (Purn) Try Sutrisno memimpin untuk membacakan Sumpah Prajurit. Seluruh tamu yang hadir turut mengikuti kalimat Sumpah Prajurit yang dibacakan oleh Try Sutrisno.

1. Setia kepada pemerintah dan tunduk kepada Undang Undang Ideologi Negara. 2. Tunduk kepada hukum tentara. 3. Menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada tentara dan negara republik Indonesia.

4. Memegang teguh disiplin tentara berarti tunduk, setia, hormat serta taat keada atasan dengan tak membantah perintah atau putusan. 5. Memegang segala rahasia tentara sekeras kerasnya. 1. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan. 3. Taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan. 4. Menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada tentara dan negara Republik Indonesia.

5. Memegang segala rahasia tentara sekeras kerasnya.

Baca Juga

Jokowi & Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua PTUN

Diana Nurhani

Bukan susah Lagi Imbas Corona Nihil Susi Pudjiastuti Akui Kini Alami Masa Tersulit dalam Hidup

Diana Nurhani

Hadiri KTT G20 Osaka, Jokowi Akan Bahas Inovasi Digital Ekonomi

Diana Nurhani

Mahfud MD Minta Habib Rizieq Menunjukkan Surat Laporan Kepada Pemerintah

Diana Nurhani

Risikonya Terlalu Besar Jika Paksa Gelar Formula E di Tengah Wabah Corona Dunia Anies

Diana Nurhani

Fahri Hamzah Diminta Jokowi jadi Duta Besar untuk Vatikan

Diana Nurhani

Banda Aceh Paling Lama Daftar Durasi Gerhana Matahari Cincin di 29 Kota Indonesia

Diana Nurhani

Isi Data Sensus Penduduk Online 2020 Sebelum 29 Mei & Unduh Buktinya Login sensus.bps.go.id

Diana Nurhani

Tercatat 265 Mahasiswa Alami Luka-luka Pasca Demo di Gedung DPR Selasa (24/9/2019) Kemarin

Diana Nurhani

Jangan Senang Merendahkan Sebuah Institusi Jokowi Beri Pesan Bambang Widjojanto

Diana Nurhani

AHY Terpilih Jadi Ketum Partai Demokrat secara Aklamasi Periode 2020 – 2025 BREAKING NEWS

Diana Nurhani

Leave a Comment