Image default
Kesehatan

Atur Pola Makan & dari Hidup Sehat Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Berikut caramencegah kolesterol, juga makanan apa saja yang harus dihindari. Kolesterol merupakan jenis lipid, zat lilin, seperti lemak yang diproduksi hati secara alami. Zat ini sangat penting untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, serta vitamin D, penjelasan tersebut sebagaimana dikutip dari .

Kolesterol tidak larut dalam air, ia tidak dapat mengalir melalui darah Anda sendiri. Sehingga, untuk membantu mengangkut kolesterol, hati Anda memproduksi lipoprotein. Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein, mereka membawa kolesterol dan trigliserida (jenis lipid lain) melalui aliran darah Anda.

Dua bentuk utama lipoprotein adalah lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL). Jika darah Anda mengandung terlalu banyak kolesterol LDL (kolesterol yang dibawa oleh lipoprotein densitas rendah), itu dikenal sebagai kolesterol tinggi. Apabila tidak segera diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk serangan jantung atau stroke.

Lalu bagaimana cara mencegah kolesterol? Dr Fiarry Fikaris, merupakan dokter umum di RSUD Pandan Arang, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk mencegah kolesterol caranya adalah membatasi porsi semua makanan yang dikonsumsi.

"Jadi makanlah seperti porsi normal sehari hari dan jangan berlebihan, konsumsi camilan serta minuman manis juga harus dibatasi dan jangan terlalu banyak." "Selain itu pemilihan makanan juga penting, jangan pilih makanan yang terlalu tinggi kadar kolesterolnya," ujar dr Fiarry. Jika Anda merupakan penderita kolesterol, sebaiknya mulailah melakukan perubahan gaya hidup.

Cara yang paling utama adalah mengatur pola makan. "Bagi orang yang kadar kolesterolnya selalu tinggi dan sudah berobat ke dokter, boleh mengonsumsi obat dari dokter," jelasnya. Selain itu, untuk orang yang sehat, bisa mulai mengonsumsi makanan seperti oatmeal, terong, apel, anggur, kedelai, dan ikan laut.

"Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti oatmeal, terong, apel, anggur, kedelai, dan ikan laut, karena makanan tersebut terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol," ungkap dr Fiarry. Kolesterol banyak ditemukan dalam produk makanan hewani, seperti daging, telur, dan susu. Untuk membantu mengobati kolesterol, biasanya dokter akan mendorong Anda untuk membatasi asupan makanan tinggi kolesterol.

"Makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol yaitu makanan laut, kecuali ikan, kemudian jeroan, bebek, santan hingga makanan yang berminyak," kata dr Fiarry. Daftar makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi, seperti berikut : 1. Potongan daging merah berlemak

2. Hati 3. Telur, terutama kuningnya 4. Produk susu tinggi lemak, seperti keju penuh lemak, susu, es krim, hingga mentega

Baca Juga

4 Minuman Sehat yang Cocok Diminum saat Musim Hujan

Diana Nurhani

Mengenal Metode Terbaru Sunat Bagi Orang Dewasa Menggunakan Gun Stapler

Diana Nurhani

Tidak Cukup Jika Hanya Dicuci atau Dibasahi Penting! Saat Mandi Perhatikan 10 Bagian Tubuh Ini

Diana Nurhani

Ini Jawaban Menkeu Sri Mulyani Disalahkan Atas Kenaikan Iuran BPJS dari Tahun Depan

Diana Nurhani

Berikut Dosis hingga Efek Samping Ranitidin Ditarik karena Diduga Berpotensi Memicu Kanker

Diana Nurhani

Ini Faktor Utama yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Diana Nurhani

WHO Beri Nama Baru buat Virus Corona

Diana Nurhani

Kemal Mochtar Pilih Diet Makanan Dibanding Olahraga buat Langsingkan Tubuh

Diana Nurhani

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan 5 Manfaat Biji Buah Melon buat Kesehatan

Diana Nurhani

110 Lansia Terima Rp 1 Juta dari PT Berlico Mulia Farma

Diana Nurhani

Video Tepuk Siku Bisa Selamatkan Dari Serangan Jantung Viral, Tim Dokter Jantung IDI: Tidak Benar

Diana Nurhani

Kumur Dengan Air Garam hingga Konsumsi Yoghurt Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Mudah & Alami

Diana Nurhani

Leave a Comment