Image default
Nasional

Bukan 33 Seperti Pernyataan TPNPB OPM TNI Sebut Hanya Ada 3 Kelompok Bersenjata di Tembagapura

Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi membantah pernyataan Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang menyebut sudah ada 33 kelompok bersenjata di Tembagapura untuk menyerang TNI dan Polri yang menjaga kawasan PT Freeport Indonesia. Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan pernyataan tersebut adalah pembohongan publik. Ia mengatakan saat ini hanya ada tiga kelompok yang terpantau berada di Tembagapura.

Selain itu, Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan saat ini aparat gabungan TNI Polri sudah tergelar secara berlapis di Tembagapura. "Pembohongan publik. Yang kita monitor saat ini berada di sekitar Tembagapura hanya kelompok KSB pimpinan Lekagak Talenggen, kelompok KSB pimpinan Jhoni Botak dan kelompok KSB pimpinan Peni Murib," kata Letkol Inf Dax Sianturi ketika dikonfirmasi wartawan, Minggu (8/3/2020). Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan TPNPB OPM selalu membuat rilis untuk melakukan pembohongan publik dalam rangka menimbulkan ketakutan dan kepanikan publik sehingga seolah Papua dalam keadaan mencekam.

Dax juga menyebut pernyataan TPNPB yang mengatakan telah terjadi baku tembak antara TPNPB dengan pasukan keamanan Indonesia di Pos TNI di Kamping Opitawak pada Kamis 5 Maret 2020 yang menyebabkan lima anggota pasukan keamanan ditembak mati oleh TPNPB sebagai pembohongan publik. "Silakan datang dan lihat sendiri ke Papua. Semua kegiatan masyarakat berlangsung dengan aman dan damai. Gangguan KSB hanya terjadi dalam skala kecil di beberapa titik," kata Dax. Untuk itu Dax mengimbau agar masyarakat dan media tidak terprovokasi dengan keterangan TPNPB OPM tanpa diverifikasi sumber lain.

"Kami mengimbau agar masyarakat dan media tidak terprovokasi dengan pembohongan publik yang dilakukan Jubir TPNPB OPM melalui rilis rilis sepihak yang tidak terverifikasi oleh sumber lain," kata Dax. Sebelumnya, kelompok bersenjata OPM melalui Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom mengabarkan siap melakukan penyerangan. Jubir OPM mengaku sudah menyiapkan 33 kelompok bersenjata di Tembagapura untuk menyerang TNI dan Polri yang menjaga kawasan PT Freeport Indonesia.

"Kami akan terus berjuang hingga PT Freeport Indonesia meninggalkan Tembagapura. Mereka tidak berhak atas kekayaan alam bangsa Papua," kata Sebby, melansir Kompas TV berjudul "Jubir OPM: 33 Kelompok Bersenjata Siap Serang TNI dan Polri di Tembagapura," Sabtu (7/3/2020).

Baca Juga

Itu Menghina NKRI Tito Karnavian Sebut DKI Lebih Kampung dari Beijing Radikal Rocky Gerung

Diana Nurhani

Pembawa Acara Goda Sandiaga Uno Sepatunya Bau, Mantan Calon Wakil Presiden Langsung Bereaksi Begini

Diana Nurhani

Sebanyak 26 Instansi Masih Buka Pendaftaran CPNS 2019 hingga Desember Mendatang Apa Saja

Diana Nurhani

Prabowo Subianto Juga Besuk Kivlan Zen Mondar-mandir di RSPAD Setelah Temui Wiranto

Diana Nurhani

Tercatat 265 Mahasiswa Alami Luka-luka Pasca Demo di Gedung DPR Selasa (24/9/2019) Kemarin

Diana Nurhani

Dirut Baru Ditunjuk pada Januari 2020 Babak Baru Garuda Indonesia Bakal Ada Kejutan Erick Thohir

Diana Nurhani

Akun Twitternya Di-suspend Jerinx SID Dilaporkan menuju Polisi Buat Cuitan terkait Penusukan Wiranto

Diana Nurhani

Padahal Cerdas, Siswa SMA di NTB Ini Sengaja Tak Diluluskan Kepala Sekolah Gara-gara . . .

Diana Nurhani

Solusi buat Banjir di Medan Bendungan Lausimeme

Diana Nurhani

Kantornya Dilempari Bom Molotov, Ketua Bawaslu RI Kutuk Keras Unjuk Rasa Anarkis

Diana Nurhani

KPK Ingatkan Ditjen PAS Soal Tata Kelola Lapas Buntut ‘Pelesiran’ Setya Novanto

Diana Nurhani

Pendapat Saut Situmorang Terhadap Basaria Panjaitan Selamat Menjabat Pimpinan KPK

Diana Nurhani

Leave a Comment