Image default
Kesehatan

hingga Hati Ayam Tahu Termasuk Tempe Ini Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Hadapi New Normal

Berikut daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi supaya siap menghadapi new normal di tengah Pandemi Covid 19. Makanan makanan ini akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan begitu, tentu kita akan lebih siap dalam menghadapi fase kenormalan baru.

Dalam menghadapi new normal, kita wajib mengetahui kebutuhan gizi seperti apa yang harus tercukupi untuk setiap harinya. Dokter spesialis gizi klinik di Laboratorium Gizi Fakultas Kedokteran UNS, dr Amelya Augusthina Ayusari MGizi SpGK, memberikan daftar makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat memasuki new normal,saat dihubungi lewat teleconference pada, Sabtu (20/6/2020). Untuk meningkatkan daya tahan tubuh ada dua komponen utama yang harus tercukupi, yakni kalori dan protein.

Setiap makan harus menyertakan asupan kalori dan protein di setiap harinya. Sumber protein bisa didapat dari sumber hewan dan tumbuhan. Sumber protein hewan bisa diperoleh dari makanan seperti ayam, telur, hingga ikan.

Kemudian, untuk sumber protein tumbuhan bisa diperoleh dari tempe, tahu, kacang kacangan. "Protein ada yang dari sumber hewan dan dari sumber tumbuhan. Sumber hewan itu contohnya, ayam telur ikan. Kalau protein dari sumber tumbuhan, yaitu tahu, tempe, kacang kacangan," Selain komponen utama tersebut, ada harus dilengkapi dengan zat gizi lainnya.

"Kita harus memperhatikan zat gizi yang bisa memodulasi atau sebagai zat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ini di antaranya terdapat dari vitamin, beberapa jenis vitamin, dan juga mineral," "Kalau untuk vitamin ada vitamin A, D, C, E, B6, B12 dan folat Sedangkan kalau dari sisi mineral di antaranya , zat besi, seng, tembaga, selenium, kemudian magnesium, dan juga ada omega tiga," tambahnya.

Dokter sekaligus pembina atau founder Kinesia (komunitas peduli nutrisi sehat indonesia) itu juga menyampaikan, jika yang tinggi nutrisi tidak harus makanan yang mahal. Ada banyak makanan yang tinggi nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau atau murah. "Kita kadang mikirnya kalau untuk meningkatkan daya tahan tubuh harus makanan yang mahal, nutrisi yang mahal, harus ditambah dengan multivitamin, tidak harus selalu seperti itu," terangnya.

Ada banyak sekali asupan vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mulai dari vitamin A, D, C, E, B6, dan B12. Vitamin A bisa didapatkan dari hati ayam dan minyak ikan.

Kemudian untuk vitamin D bisa diperoleh dari ikan kembung, telur, dan bisa juga diperoleh saat berjemur sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. Kemudian, untuk meningkatkan daya tahan tubuh perlu asupan vitamin C. "Vitamin C yang bisa kita dapatkan secara murah meriah di antaranya jambu biji, pepaya, lemon, jeruk. Vitamin E ada di kuaci, di minyak. Vitamin B 6 ada di hati ayam. Vitamin B 12 juga ada di hati ayam" terangnya.

Selain asupan vitamin, meningkatkan daya tahan tubuh bisa dari makanan yang mengandung asam folat. Ada berbagai makanan yang mengandung ssam folat seperti bayam, kacang kacangan, dan juga hati. "Asam folat bisa di dapatkan di bayam, kacang kacangan, di hati juga di dapatkan,"

Kandungan mineral juga dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung mineral di antaranya, kerang, keju, dan juga hati. Hati merupakan makanan yang cukup banyak manfaat dan juga memiliki kandungan vitamin yang diperlukan tubuh.

"Hati ini termasuk sumber makanan yang banyak manfaatnya, hampir banyak vitamin yang kita dapatkan dari hati," Setelah mineral, zat besi juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi new normal. Zat besi ada dua macam, yakni zat besi yang heme dari sumber hewan dan non heme dari sumber tumbuhan.

"Zat besi dari sumber hewan ini ada di daging sapi, daging kambing, ikan kembung, ikan teri, telur juga ada, hati juga ada. Kalau besi non heme dari tumbuh tumbuhan, kacang kacangan, tahu, tempe, sayuran hijau, itu bisa meningkatkan besi non heme," Kemudian ada juga makanan yang mengandung zat tembaga, di antaranya kacang kacangan dan cokelat.

"Ada tembaga, kita dapatkan dari makanan kacang dan cokelat," Sama halnya dengan tembaha, kandungan selenium juga bisa didapatkan dari kacang kacangan. "Selenium itu kita dapatkan dari kacang kacangan juga,"

Kandungan magnesium juga bisa didapatkan dengan mudah, yakni ada pada hati. "Magnesium itu kita dapatkan dari hati," Selanjutnya, makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah makanan yang mengandung Omega 3.

Kandungan tersebut bisa didapatkan dari ikan kembung atau dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung Omega 3. "Omega tiga ini kita dapatkan dari ikan kembung. Kalau suplemen juga ada sih, suplemen omega tiga juga bisa," Selain makanan makanan bergizi tersebut, saat menghadapi new normal juga disarankan untuk mengonsumsi air minum yang cukup.

Minimal konsumsi air adalah delapan gelas per hari. "Minum juga harus cukup, minimal sehari minum itu 8 gelas, boleh lebih tentu boleh,"

Baca Juga

9 Kebiasaan Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan, Mengumpat hingga Bergosip

Diana Nurhani

Harganya Capai Rp 2 Juta per Kilogram Kayu Bajakah dari Diburu & Dieksploitasi Sempat Viral

Diana Nurhani

Ini Penjelasannya senang Heran Ada Orang yang Banyak Makan Tapi Tidak Bisa Gendut

Diana Nurhani

Miliki Rambut Berkilau dan Bebas Ketombe Pakai Masker Pisang dan Lidah Buaya, Begini Cara Membuatnya

Diana Nurhani

Kumur Dengan Air Garam hingga Konsumsi Yoghurt Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Mudah & Alami

Diana Nurhani

Dini.id Bantu Orangtua Tangani Anak dengan Speech Delay

Diana Nurhani

Ilmuwan Italia Mengklaim Terobosan Vaksin Virus Corona Pertama di Dunia

Diana Nurhani

hingga Bagaimana Cara Mengobatinya Gejala Kenali Penyakit Autoimun dari dari Penyebab

Diana Nurhani

Coba Ya! 5 Makanan yang Ampuh Bikin Mood Kita Jadi Lebih Baik

Diana Nurhani

Mata & Kulit Kuning Berat Badan Bertambah 5 Tanda Organ Hati Penuh dengan Racun

Diana Nurhani

Diberikan Kepada yang Membutuhkan 6 Juta Anggota Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Ganti 4

Diana Nurhani

Leave a Comment