Image default
Metropolitan

Idul Adha 1440 H, Masjid Agung Al Azhar Siapkan 12 Ekor Sapi dan 148 Kambing untuk Disembelihs

Gema takbir terus berkumandang dari panitia pelaksana kurban hari raya Idul Adha 1440 H Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan pada Minggu (11/8/2019). Sejumlah warga dan keluarga juga tampak antusias ketika membawa hewan kurban mereka masuk ke area penjagalan di lingkungan Masjid Agung Al Azhar. Tampak juga sejumlah anak yang menangis melihat sapi dan kambing yang dikurbankan orang tuanya disembelih.

Sementara para petugas tengah sibuk menyembelih satu per satu kambing yang telah siap. Ketua Panitia Pelaksana Kurban Masjid Agung Al Azhar Muhammad Zainul Arifin menjelaskan, pada hari raya Idul Adha 1440 H tahun ini pihaknya menyiapkan total 12 ekor sapi dan 148 kambing untuk disembelih. "Untuk jumlah sapi yang dipotong di Masjid Agung Al Azhar itu totalnya 12 ekor adapun untuk kambing itu jumlahnya 148. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu ada penurunan untuk jumlah kambingnya. Tahun lalu 164. Kalau sapi sama, tahun lalu juga 12," kata Zainul di arena penyembelihan hewan kurban Masjid Agung Al Azhar.

Ia menjelaskan panitia yang bertugas hari ini totalnya kurang lebih 54 orang dibantu 21 orang jagal. "Kita minta vendor jagal agar mereka fokus pada penyembelihan dan mengeluarkan jeroan," kata Zainul. Zainul memperkirakan dari seluruh hewan kurban yang ada akan dihasilkan sekira 2.850 bungkus hewan lurban yang akan dibagikan.

"Dibandingkan dengan tahun lalu ada penurunan. Kita kalau tahun lalu sampai 3.000 kupon kita bagi," kata Zainul. Zainul menjelaskan, dari estimasi 2.850 bungkus itu nantinya 1.500 nya akan dibagikan di tempat untuk para mustahik yang berhak. "Untuk yang lainnya kita serahkan pada desa binaan. Baik di sekolah yang ada di sini, dari TK, SD, SMP, dan SMA. Untuk dibawa ke desa binaannya yang ada di area Jakarta tapi pinggiran yang dekat perbatasan," kata Zainul.

Zainul menambahkan, untuk petugas kebersihan di dalam kandang pihaknya mengandalkan dari tenaga internal Masjid Agung Al Azhar, sementara untuk kebersihan di luar kandang pihaknya bekerja sama dengan warga desa Selong, Kebayoran Baru. "Kalau untuk kesehatan, pertama kita menyediakan untuk petugas, siapa tahu ada yang terluka. Selain itu kita juga menyediakan tim kesehatan hewan kurban yang bekerja sama dari IPB dan dari UI yang sekarang praktik. Itu untuk melihat apakah hewan kurban itu layak untuk disembelih dan untuk memeriksa jeroannya," kata Zainul. Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana ada pejabat yang berkurban, Zainul mengatakan tahun ini pengkurban hanya berasal dari keluarga besar dan Jamaah Masjid Agung Al Azhar dan warga sekitar.

"Untuk tahun ini hanya internal saja. Dari keluarga besar Al Azhar termasuk jamaah Masjid Al Azhar dan warga sekitar," kata Zainul. Ia menjelaskan, hingga pukul 10.00 WIB kegiatan berjalan lancar. Ia berharap tahun ini kegiatan tersebut bisa selesai lebih cepat dibandingkan tahun lalu yang baru selesai menjelang magrib.

"Kalau tahun lalu kita selesai mendekati waktu magrib, semoga saja tahun ini bisa lebih cepat. Karena SDM nya yang kita libatkan juga bertambah. Semoga lancar, tidak ada permasalahan, dan apa yang diinginkan oleh para pengkurban yang dititipkan kepada kami juga semoga amanahnya sesuai. Karena untuk mereka kan kita juga sisihkan untuk mereka 1/3 dari bobotnya," kata Zainul.

Baca Juga

Termasuk Garuda Indonesia Pertamina hingga Bank Mandiri Daftar 7 BUMN yang ‘Diincar’ Erick Thohir

Diana Nurhani

Terendam Air saat Ditemukan, Wajah Mayat Perempuan Dalam Karung di Waduk Pluit Sulit Dikenali

Diana Nurhani

Asal Granat Asap Masih Diselidiki Situasi Terkini Pasca Ledakan Granat Asap di Monas

Diana Nurhani

Justru Gubernur Ini Mempolitisir Sebut Anies Salahkan Orang Lain soal Banjir Kacau Azas Tigor

Diana Nurhani

Begini Komentar Psikologi Forensik Reza Indragiri  VIRAL Aksi Pembegalan Terekam CCTV

Diana Nurhani

Mahasiswa Gugat UU Pemilihan Kepala Daerah menuju MK Posisi Wagub DKI Lama Kosong

Diana Nurhani

Insentif Rp 215.000 per Hari akan Diberikan pada Petugas Medis Corona DKI Jakarta

Diana Nurhani

Pengurus Masjid Al-Falah Jelaskan Duduk Perkara Ninoy Karundeng yang Mengaku Disekap

Diana Nurhani

Rencana Seorang Pria di Tangerang buat Menikah Gagal Ketika Polisi Menangkapnya Bahkan Menembaknya

Diana Nurhani

Anies Baswedan Sindir Kinerja Pansus Wakil Gubernur DKI Jakarta yang Maju Mundur

Diana Nurhani

Ketua DPRD DKI Imbau Anggotanya Segera Setor LHKPN ke KPK

Diana Nurhani

Disangka Aku Bela Dia Anies Baswedan Kerap Dihina Sudjiwo Tedjo Ngaku Tak Percaya Ada Keadilan

Diana Nurhani

Leave a Comment