Image default
Nasional

Kartu Prakerja Jadi Harapan di Tengah Pandemi Covid-19

Ibarat pepatah “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”, perjalanan Kartu Prakerja di Indonesia mengalami evolusi yang terus membaik. Bila awalnya bertujuan menaikkan kompetensi angkatan kerja, utamanya bagi lulusan baru SMA sederajat maupun perguruan tinggi guna memaksimalkan potensi yang mereka miliki sekaligus mengoptimalkan bonus demografi, kini Kartu Prakerja hadir menjadi penyelamat bagi mereka yang dirumahkan semenjak pandemi COVID 19 melanda negeri. Seperti diketahui, setiap peserta Kartu Prakerja berhak atas bantuan sebesar Rp3.550.000 yang terdiri atas dana beasiswa untuk pelatihan dan dana insentif yang diberikan selama empat bulan.

Komponen wajib ikut pelatihan inilah yang dimaksudkan untuk meningkatkan skill dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. Manfaat ini dirasakan secara nyata oleh Roby Sandy, seorang juru masak pada sebuah hotel di Bogor yang terpaksa dirumahkan karena tempatnya bekerja mengalami penurunan tingkat hunian amat tajam. Sempat terpuruk akibat kehilangan status dan kehilangan pendapatan bulanan, Roby memutuskan untuk bangkit. Ia pun mendaftar program Kartu Prakerja dan akhirnya lulus seleksi. Semangat Roby kembali hadir dan ia terus berjuang memenuhi kebutuhan keluarganya di tengah pandemi.

“Saya memilih mengikuti pelatihan Japanese Cheesecake dari Baking World,” ujarnya. Ayah dua anak ini kemudian menjual kue buatannya secara online. Ia pun mendapat respon positif dari pelanggan. “Usaha ini jadi lading penghasilan baru bagi keluarga kami. Ini semua karena pelatihan Prakerja yang saya ikuti. Para pelatihnya sangat sabar menjawab pertanyaan saya,” ujarnya.

Ada pula Yoseblia Noni Erni. Perempuan asal Tangerang ini sebelumnya bekerja sebagai staf pengajar di salah satu bimbingan belajar di Tangerang dan harus berhenti bekerja akibat COVID 19. Yosebila mendaftar dan terpilih sebagai penerima Kartu Prakerja, lalu mengikuti Pelatihan Bahasa Inggris untuk Pencari Kerja di platform Pijar Mahir. “Dengan mengikuti pelatihan ini, saya berharap dapat menghadapi wawancara dalam Bahasa Inggris dengan lebih fasih,” ungkapnya. Sebanyak 680.918 peserta Kartu Prakerja dalam tiga gelombang angkatan telah merasakan manfaat nyata program ini.

Pada tahun pertama ini pemerintah menargetkan dapat memberikan manfaat bagi 5,6 juta penerima Kartu Prakerja. Sesuai konsep awal yang dicanangkan Presiden Jokowi, Kartu Prakerja bukanlah bantuan sosial yang diberikan secara cuma cuma namun menghadirkan unsur skilling, reskilling maupun upskilling. Karena itu, para peserta pelatihan Kartu Prakerja, baik pencari kerja, korban PHK atau pelaku UMKM yang bisnisnya terdampak pandemi dan ingin meningkatkan kompetensi atau mempelajari skill baru boleh memilih pelatihan yang diminati.

Misalnya pelatihan untuk menjadi barista kopi, animasi, desain grafis, bahasa Inggris, komputer, teknisi, mungkin programming, scrum, agile, atau coding. Saat ini tujuh kategori pelatihan paling favorit yang banyak dipilih peserta adalah penjualan dan pemasaran, bahasa asing (Inggris, Korea, Mandarin, Jepang, Arab), teknologi informasi, perkantoran, makanan dan minuman, gaya hidup dan keuangan. Kartu Prakerja adalah inovasi pelayanan publik dari Pemerintah, hadir dengan menggandeng mitra platform digital dan mitra pembayaran untuk memberikan layanan yang beragam dan relevan dengan harga yang bersaing.

Melalui Kartu Prakerja harapan untuk memerdekakan angkatan kerja dari inkompetensi dapat segera menjadi kenyataan.

Baca Juga

Kementerian PANRB Tetapkan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Diana Nurhani

Mendes Imbau Kepala Desa Minta Pengawalan Polisi Jika Ingin Cairkan BLT di Bank

Diana Nurhani

Tak Ada Kaitannya dengan Kongres di Kendari Soal Mulfachri Harahap Jubir PAN

Diana Nurhani

Jangan Ragukan Nyali Saya Diminta Tandatangani Pakta Intergritas oleh Ketua Suporter Andre Rosiade

Diana Nurhani

KPK Telusuri Aliran Uang dalam Kasus Suap Jual Beli Jabatan di Kementerian Agama

Diana Nurhani

Potensi Besar Soal Menteri Muda Wajar Direpresentasikan di Kabinet Ma’ruf Amin

Diana Nurhani

Kadang Jauh Itu Makin Dekat Anies Imbau Warga Tak Mudik Lebaran Sudjiwo Tedjo Singgung Paradoks

Diana Nurhani

‘Stafsus yang Main Proyek Pemerintah Dicopot Saja’ Jokowi Diminta Evaluasi Kinerja Staf Khusus

Diana Nurhani

Ada yang Biayanya Fantastis hingga Capai Rp 150 juta Inilah 5 Adat Pernikahan Termahal di Indonesia

Diana Nurhani

Yunarto Wijaya Blak-blakan Ungkap Alasannya Tolak Tawaran Jadi Staf Khusus & Komisaris BUMN

Diana Nurhani

Bukan 33 Seperti Pernyataan TPNPB OPM TNI Sebut Hanya Ada 3 Kelompok Bersenjata di Tembagapura

Diana Nurhani

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui soal Bantuan Rp 600 Ribu buat Karyawan Swasta dari Pemerintah

Diana Nurhani

Leave a Comment