Image default
Kesehatan

Kenali Tanda-tanda Psikopatik pada Anak Siswi SMP Pelaku Pembunuhan Bocah 5 Tahun Diduga Psikopat

Seorang remaja berinisial NF (15) secara sadis membunuh tetangganya sendiri, seorang bocah berinisial APA (5). Pembunuhan tersebut terjadi di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020). Pembunuhan tersebut tergolong sadis.

Korban dibunuh dengan cara ditenggelamkan dalam bak mandi, dicekik, dan dimasukkan ke dalam lemari pakaian si pelaku. Keterangan awal tersangka kepada polisi, ia mengaku merasa puas setelah membunuh korban. Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dr Dharmawan Ardi Purnama, Sp.KJ mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang didapatkan, besar kemungkinan pelaku yang beranjak remaja tersebut seorang psikopat.

“Ada tanda tanda psikopatik. Salah satunya antisosial. Dia berani melawan aturan, tidak punya empati, tidak bisa merasakan sekeliling dan merasakan orang orang sekitar,” tutur Dharmawan kepada Kompas.com, Selasa (10/3/2020). Gejala psikopatik lainnya yang bisa dilihat, lanjut Dharmawan, adalah sikap memanipulasi keadaan. “Salah satu gejalanya dia suka menyakiti binatang. Hal ini sudah bisa dilihat dari usianya kecil sekali, sekitar 4 tahun. Biasanya dari kecil sudah mulai terlihat dia suka lempar binatang, mengelus kemudian mencekik binatang, itulah tanda tanda psikopatik,” lanjutnya.

Ada atau tidaknya tanda tanda psikopatik ini merupakan bawaan sejak lahir. Dharmawan menjelaskan bahwa ada beberapa bagian pada otak yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. “Ada area otak yang berhubungan dengan fungsi otaknya seperti orbitofrontal cortex, insular cortex, parahippocampal gyrus. Ada disfungsi pada area area tersebut dan bisa dilihat lewat fungsional MRI dan CT Scan. Jadi (tanda psikopatik) memang bawaan,” lanjut ia.

Baca juga: Untuk Semua Orangtua, Pola Asuh Salah Bakal Picu Anak Jadi Psikopat Bisa jadi bawaan tersebut juga berasal dari limbic, sebuah area pada otak yang mengatur emosi. “Pasien psikopat punya kecenderungan agak tumpul perasaannya. Agak lamban dalam hal sesuatu yang membangkitkan emosi. Hal itu juga terlihat pada kasus anak ini,” tambah Dharmawan.

Meski psikopat merupakan bawaan anak sejak lahir, namun orangtua menjadi peran kunci. Dharmawan menjelaskan, sejak anak masih kecil, orangtua sudah harus mengetahui sifat sifat dasarnya. “Orangtua harus tahu sifat sifat anaknya ke mana. Jika tampak menyimpang, orangtua bisa mengintervensi dan supervisi. Dalam kasus anak ini saya tidak tahu kondisi keluarganya seperti apa, apakah kedua orangtuanya sibuk, saya tidak tahu,” papar ia. Orangtua yang membimbing anaknya, lanjut Dharmawan, bisa mengendalikan tanda tanda psikopatik pada anak.

“Dari kasus ini bisa dilihat mungkin dengan dia (pelaku) mau mengaku ke polisi, itu bagian yang diajarkan dan pengasuhan orangtuanya,” lanjutnya. Jika orangtua melakukan pendampingan dengan seksama, membawa anaknya ke psikolog atau psikiater jika perilakunya menyimpang, maka tanda tanda psikopatik pada anak akan bisa dikendalikan.

Baca Juga

Jangan Disepelekan, Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Diana Nurhani

Pengguna Iziklaim Kini Lebih Cepat dalam Transaksi Klaim

Diana Nurhani

Ingin Tetap Langsing Tanpa Lewatkan Makan Malam?

Diana Nurhani

Jaga Suhu Kamar hingga Gaya Hidup Sehat Tips Jitu agar Tidurmu Lebih Nyenyak

Diana Nurhani

Mengeluarkan Racun & Memperlancar Pencernaan 7 Manfaat Minum Air Putih saat Kondisi Perut Kosong

Diana Nurhani

Coba Ya! 5 Makanan yang Ampuh Bikin Mood Kita Jadi Lebih Baik

Diana Nurhani

Wanita Ini Bocorkan Foto-foto Situasi di Dalamnya Seperti Apa Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

Diana Nurhani

VIRAL HARI INI Gadis Alami Kepala Miring 90 Derajat, Tak Punya Biaya Berobat Meski Sakit Bukan Main

Diana Nurhani

Jangan Khawatir Ini yang wajib Anda Lakukan sebagai Orangtua Bayi Cegukan

Diana Nurhani

5 Produk Ranitidin yang Terdeteksi Kandung Zat Penyebab Kanker Ditarik BPOM

Diana Nurhani

Cerita Ashanty Soal Penyakit Autoimun yang Diidapnya Tanpa Gejala & Dipengaruhi Mood

Diana Nurhani

WHO Beri Nama Baru buat Virus Corona

Diana Nurhani

Leave a Comment