Image default
Techno

Kiat Aman Bekerja di Tengah Wabah Corona dengan Teknologi HRIS

Sejak penyebarannya dari kota Wuhan, Cina, virus Corona (COVID 19) telah mewabah ke banyak negara, seperti Korea Selatan, Iran, Italia, Amerika Serikat, hingga Indonesia. Penularan virus yang sangat cepat ini membuat pemerintah Indonesia juga memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat untuk waspada dan melakukan langkah langkah pencegahan virus. Tidak hanya di rumah, pemerintah juga menggalakkan tindakan pencegahan ini di sarana umum hingga perkantoran dimana karyawan banyak menghabiskan waktunya sehari hari.

Tindakan pencegahan virus di kantor tentunya menjadi salah satu sorotan dari divisi HR, langkah langkah penyediaan masker, hand sanitizer , pemeriksaan suhu badan hingga deep cleaning di area kerja mulai dilakukan oleh perusahaan. Standie Nagadi, VP Marketing and Brand Mekari menjelaskan, “Pemanfaatan teknologi aplikasi HRIS seperti Talenta yang memudahkan absensi atau pemberian tugas bisa menjadi solusi yang diterapkan oleh HR untuk memikirkan keselamatan dan kesehatan dari setiap karyawan, namun tetap menjaga produktivitas bisnis.” Berikut ini beberapa tips dari Talenta by Mekari, solusi HRIS berbasis cloud yang mengedepankan transparansi dan mudah digunakan, yang bisa dilakukan Human Resources (HR) sebagai upaya pengendalian sekaligus pencegahan virus Corona di kantor dengan memanfaatkan penggunaan teknologi:

Memberikan informasi yang cepat dan terkoordinasi menjadi tugas penting HR di tengah maraknya isu yang simpang siur. HR bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan penting bagi karyawan di kantor, serta tanggap atas pertanyaan pertanyaan karyawan terkait isu. Penggunaan chanel komunikasi seperti social messaging atau aplikasi internal yang digunakan di kantor bisa menjadi sumber valid yang digunakan HR dalam menyebarluaskan informasi kepada karyawan.

Kebanyakan perusahaan saat ini mengutamakan finger print sebagai media absensi bagi karyawan. Pembatasan penggunaan finger print bisa menjadi solusi bagi HR untuk mencegah penularan virus antar karyawan. Media absensi dengan teknologi Human Resource Information System (HRIS) seperti bisa akan memudahkan karyawan untuk tetap melakukan absensi di mana pun dan kapan pun. Dengan fitur live attendance yang bisa diakses melalui ponsel, setiap karyawan bisa tetap memenuhi absensi dengan meminimalisir kontak dengan virus dan bakteri.

Beberapa perusahaan di Indonesia mulai mempertimbangkan untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home untuk mencegah penularan virus yang lebih jauh lagi. Kebijakan ini merupakan alternatif bagi karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa harus ke kantor dan menerima risiko tertular virus Corona. Jika perusahaan telah menggunakan sistem HRIS seperti Talenta, hal ini sangat mudah dilakukan karena karyawan bisa melakukan absensi melalui live attendance dan HR dapat memantau langsung kehadiran karyawan melalui dashboard yang update secara real time.

Ketika perusahaan memberikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, proses kerja tetap harus berjalan seperti biasa. Dalam kondisi seperti ini, koordinasi tugas harus dilakukan dengan terstruktur. Perusahaan bisa menggunakan project management tools atau aplikasi HRIS yang memiliki fitur penugasan seperti Talenta. Di tengah kondisi ini, karyawan pastinya akan lebih aware dengan kesehatan. Akses akan plafon benefit kesehatan yang dimiliki, mengajukan reimbursement biaya perawatan bahkan mengetahui status reimbursement akan menjadi nilai plus bagi karyawan, karena mereka dapat prosesnya lebih cepat dan mudah.

Aplikasi seperti Talenta memungkinkan karyawan mendapat seluruh kemudahan itu langsung dalam satu aplikasi mobile yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga

Vivo Beri Diskon Servis & Perpanjang Garansi bagi Perangkat Rusak karena Banjir

Diana Nurhani

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Pertama yang Gunakan Kamera 64 MP

Diana Nurhani

Ini 5 Pilihannya Cari HP Spesifikasi Mantap Tapi Dana Mentok Rp 2 Jutaan

Diana Nurhani

Harga Kelewatan Tinggi, Oppo Batalkan Rencana Produksi Ponsel Lipat

Diana Nurhani

Sekarang Beli HP dari Luar Negeri Hanya Boleh Maksimal 2 Unit

Diana Nurhani

Hari Ini, Preorder Samsung Galaxy A50s sudah Dibuka

Diana Nurhani

Harga dan Spesifikasi Vivo V15 dan Vivo V15 Pro di Indonesia, Kamera Pop-up 32 Megapiksel

Diana Nurhani

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A10, HP di Bawah Rp 2 Juta, Simak Fitur Unggulannya!

Diana Nurhani

AsliLoginID Diluncurkan Gantikan Penggunaan Password dengan Data Biometrik

Diana Nurhani

Honeywell Kenalkan Detektor Asap Cerdas Generasi Terbaru, Notifier 951 Series

Diana Nurhani

Samsung Disimyalir Siapkan Galaxy A90, Sudah 5G dan Prosesor Snapdragon 855

Diana Nurhani

Galaxy M10 Bisa Diboyong Mulai Besok, Harganya Rp 1,7 Juta

Diana Nurhani

Leave a Comment