Image default
Internasional

Operasi Penyelamatan Berlangsung 10 Jam Pria Kamboja Terjepit di Bebatuan selama 3 Hari Terpeleset

Pria Kamboja bernama Sum Bora jatuh terpeleset dan terjepit di antara bebatuan sejak Minggu (4/8/2019) lalu saat ia mencoba mengambil senternya yang jatuh. Pria 28 tahun tersebut ditemukan oleh temannya pada hari Selasa setelah keluarganya mencarinya karena curiga Sum Bora tak pulang pulang. Saat ditemukan, Sum Bora tak lagi memiliki makanan ataupun air.

Saudara Bora kemudian meminta bantuan polisi untuk menyelamatkan Bora. Operasi penyelamatan selama 10 jam dilakukan. Sebanyak 200 orang dari tim penyelamat diturunkan, BBC.com mengabarkan.

Dalam sebuah video yang dipublikasikan Khmer Times , Bora berkata ia hampir menyerah saat itu. "Saya putus asa untuk bertahan hidup, jika saya punya pisau saat itu mungkin saya sudah bunuh diri," ungkap Bora. Sum Bora terjebak di dalam bebatuan saat ia sedang mencari kotoran kelelawar.

Kotoran kelelawar, disebut juga guano, digunakan untuk pupuk. Guano juga disebut sebagai komoditas yang menguntungkan di Kamboja. Bora terjebak dalam gua batu di Gunung Chakrai.

Ia pertama kali terlihat oleh seorang teman yang sering berburu guano bersamanya. Tim penyelamat kemudian tiba di lokasi setelah diberitahu kondisi Bora. Namun mereka tak bisa mengeluarkan Bora secara langsung karena pintu masuk gua telalu sempit.

Penyelamat elite diterbangkan dengan helikopter untuk membantu operasi penyelamatan itu. Bora diselamatkan pada hari Rabu (7/8/2019) setelah beberapa bagian gua dihancurkan untuk membuka ruang. Istri Bora, Koeun Sothea berkata suaminya kini sedang dirawat di rumah sakit.

Sang suami menderita luka pada kepala, lutut, dan dada. Koeun Sothea juga berterima kasih pada PM Kamboja, Hun Sen yang telah mengirimkan tim penyelamat untuk suaminya. PM Hun Sen juga memberikan donasi sebesar 10 juta Riel Kamboja atau sekitar Rp 35 juta.

Polisi Battambang Sareth Viseth, berkata pada media untuk mencegah terjadinya insiden serupa, mendaki Gunung Chakrai kini dilarang. Kisah pria terjepit di bebatuan seperti Bora juga pernah dialami seorang pendaki bernama Aron Ralston pada tahun 2003 lalu. Diberitakan , pada 26 April 2003 lalu, Aron Ralston sedang mencoba mengekspor celah ngarai sempit di Utah, Amerika Serikat.

Namun tiba tiba ada sebuah batu seberat 360 kilogram jatuh dan mengenai tangan kanannya. Hal ini juga menjebak Aron hingga tak mampu mengeluarkan diri dari celah tersebut. Aron mencoba menggeser batu itu menggunakan tali dan mencungkil batu dengan alat mulifungsinya, tetapi tidak ada yang berhasil.

Pada hari keempat, Aron mulai kehabisan air. Jadi, dia hanya memiliki satu pilihan yang tersisa, yakni mengamputasi lengannya sendiri. Pertama, dia mematahkan kedua tulang di lengannya.

Kemudian dia menggergaji jaringan lunak, arteri, tendon. Dan yang paling menyakitkan adalah ketika ia memutus syaraf tangannya. "Semua keinginan, kegembiraan, dan euphoria dari kehidupan masa depan menghampiri diriku," Aron mengatakan tentang pengalamannya.

"Mungkin beginilah cara saya menangani rasa sakit saat itu. Saya sangat senang bisa mengambil tindakan." Pada 2011, kisahnya diangkat dalam sebuah film berjudul 127 Hours yang diperankan James Franco. Film tersebut bahkan mendapatkan nominasi Oscar tahun 2011.

Melihat film itu, Aron juga bercermin, "Hubungan yang saya miliki, semua hubungan cinta dengan keluarga dan teman teman, itulah yang membuat saya bertahan."

Baca Juga

Beredar Video Siwon Super Junior di Bandara Ngurah Rai, Bali Via Twitter

Diana Nurhani

Kota Bangkok Diguncang Enam Bom

Diana Nurhani

Justin Bieber Ungkap Alasan Mengapa Ia Mendadak Tantang Tom Cruise Berduel

Diana Nurhani

Begini Pengakuan Pelaku Kronologi Pemuda 21 Tahun Bunuh Wanita & Jadikan Otak Korban Sebagai Lauk

Diana Nurhani

Takmir Masjid Ungkap Kebiasaan Almarhum Ahmad Meninggal pada Malam Jumat Usai Lantunkan Adzan Isya

Diana Nurhani

Wabah Ini Akan ‘Mati’ Juga Pakar Ini Menegaskan Agar Tidak Panik karena Covid-19

Diana Nurhani

Gadis 17 Tahun Dilecehkan Petugas Ambulans saat Perjalanan Menuju RS, Kondisinya Terlalu Lemah

Diana Nurhani

Pangeran Harry dan Meghan Belum Kunjung Umumkan Nama Bayi Pertama Mereka

Diana Nurhani

Pengamat Militer Pertanyakan Visi Poros Maritim Jokowi Laut Natuna Diklaim China

Diana Nurhani

Kisahnya Viral Momen Saat Mempelai Wanita Tinggalkan Kursi Pelaminan Lihat Ibu Mertua Datang

Diana Nurhani

Insiden Penikaman di Lyon Prancis Selatan, Satu Orang Tewas, Sembilai Lainnya Terluka

Diana Nurhani

Jadi Sugar Baby 7 Sugar Daddy, Mahasiswi di Inggris ini Hidup Mewah Hasilkan Rp 400 Juta Sehari

Diana Nurhani

Leave a Comment