Image default
Kesehatan

Penurunan Hormon & Trauma Bisa Menurunkan Hasrat Bercinta Pada Wanita

Hambatan dalam menikmati hubungan seksual tergolong dalam gangguan kesehatan seksual yang banyak dialami wanita. Medical Sexologies dr Binsar Martin Sinaga FIAS mengungkapkan gangguan hasrat seksual ini dialami 8 dari 10 wanita terutama bagi wanita yang sudah menjelang menopause. Untuk wanita yang menjelang menopause, hasrat seksual menurun karena hormon esterogen yaitu hormon seks wanita sudah mengalami penurunan.

Saat hormon esterogen menurun maka akan memengaruhi kebugaran wanita dan apabila kondisi tidak bugar keinginan seksualnya ikut menurun. "Hormon esterogennya tidak habis tapi menurun signifikan, jadi emang berhenti proses pembentukan telurnya dan mulai terganggu metabolisme tubuh lalu muncul sakit penyakit," ungkap dr Binsar. Pada wanita yang belum menopause, gangguan hasrat seksual bisa disebabkan adanya penyakit yang diidap seperti diabetes atau hipertensi yang membuat malas berhubungan seksual dengan suami.

"Balik lagi, kalau ada gangguan penyakit maka tubuh kan jadi tidak bugar dan akhirnya malas melakukan hubungan seksual," kata dr Binsar. Terakhir masalah psikologis juga bisa memengaruhi gairah seksual pada wanita terlebih kalau ada trauma ada di masa lalu. Trauma yang dialami tidak harus trauma besar, rasa sakit saat bercinta contohnya, itu juga bisa menurunkan hasrat seksual pada wanita.

"Pengalaman seksual, trauma masa lalu sangat membentuk kebugaran seksual masa kini. Kalau ada problem psikologis atau konflik juga akan meyebakan wanita malas hubungan seksual," ucap dr Binsar. Masalah gangguan hasrat seksual pada wanita bisa disembuhkan dengan bantuan medik yakni dengan cara meningkatkan kembali hormon esterogen maupun memperbaiki masalah psikologinya. "Jadi penyembuhannya kalau ada sakitnya kita obati, kalau ada problem psikologis kita atasi dengan pasangannya juga atau yang ada dilingkungannya jadi dibutuhkan juga bantuan pasangannya," kata dr Binsar.

Baca Juga

hingga Bagaimana Cara Mengobatinya Gejala Kenali Penyakit Autoimun dari dari Penyebab

Diana Nurhani

Skizofrenia

Diana Nurhani

4 Minuman Sehat yang Cocok Diminum saat Musim Hujan

Diana Nurhani

WHO Beri Nama Baru buat Virus Corona

Diana Nurhani

Selain Ani Yudhoyono, 4 Artis Ini Mengidap Kanker Darah, Ada yang Koma Serta Tak Sempat Kemoterapi

Diana Nurhani

Ditahan di Sel Sempit, Eggi Sudjana Diduga Alami Claustrophobia, Ini yang Bisa Terjadi

Diana Nurhani

Bermanfaat Kurangi Risiko Diabetes hingga Turunkan Berat Badan Inilah Kandungan Alpukat

Diana Nurhani

Keracunan hingga Gagal Mengobati Infeksi 4 Bahaya Obat Kedaluwarsa Bagi Kesehatan Tubuh

Diana Nurhani

Bisa Jadi Sarang Bakteri, Ikuti Panduan Mencuci Botol Minum Agar Terhindar Dari Penyakit

Diana Nurhani

Konsekuensi Makan Pedas Sebelum Tidur, Siap-siap Alami Mimpi Buruk

Diana Nurhani

Waspada Keluar Keringat yang Berlebih, Tanda-tanda Penyakit Bahaya, Ini 5 Penyebabnya

Diana Nurhani

Asal Tak Berlebihan 4 Minuman Dingin & Segar Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Diana Nurhani

Leave a Comment