Image default
Nasional

Perjuangan Hidup Pemuda Terjebak di Suriah Ketika Cari Keluarganya yang Gabung ISIS

Cerita seorang pemuda asal Indonesia tentang perjuangan hidup di Suriah terungkap. Cerita lengkap pemuda mencari keluarga yang bergabung dengan ISIS dibagikan oleh Gubernur Ganjar Pranowo dalam akun Youtube pribadinya, Rabu (11/3/2020). Video itu berdurasi hampir 40 menit.

Berisikan wawancara Ganjar Pranowo dengan laki laki berusia 26 tahun bernama Febri Ramdani. Febri menceritakan kisahnya tersebut lengkap dengan fakta fakta sebenarnya yang dilakukan ISIS. Ia juga berkisah tentang masa kelamnya dalam dunia terorisme.

Adapun tak hanya di Youtube, Ganjar juga membagikan potongan video wawancaranya kepada Febri ke dalam akun Instagramnya @ganjar_pranowo. Pada awalnya Ganjar menanyakan penyebab keluarga Febri bisa berangkat ke Suriah dan bergabung dengan ISIS. Febri menyatakan bahwa awalnya terprovokasi oleh seseorang setelah melihat video deklarasi khilafah melalui internet.

Melalui persetujuan dan diskusi, keluarga besarnya akhirnya berangkat ke Suriah bergabung dengan ISIS. Namun tidak dengan Febri, ia ditinggal dan memilih hidup di sebuah indekos seorang diri. "Mereka (keluarga) salah satu orang melihat deklarasi di internet tentang khilafah waktu 2014," katanya.

"Akhirnya rembugan bersama karena banyak faktor mereka memutuskan untuk pergi (ke Suriah)," tambahnya. Ganjar pun menanyakan sumber uang berangkat ke Suriah. "Anggota (keluarga) banyak menjual aset aset di sini, saya tinggal sendiri dan hidup ngekost sendiri," ungkapnya..

Febri juga menyampaikan, awalnya keluarga besar hanya ingin berobat ke Suriah. Selain itu juga mencari pekerjaan yang layak sesuai iming iming. "Faktanya sangat berbanding terbalik pak, kita tidak mendapatkan apa apa bahkan pemaksaan yang ada di sana," tegas dia.

"Yang laki laki dipaksa perang, yang perempuan dipaksa menikah." Ia menyebut pria yang menikahi para wanita adalah para kombatan. "Beberapa anggota kekuarga itu suka diminta oleh kombatan kombatan di sana untuk menikah karena bagi pihak ISIS itu, jihadnya wanita itu adalah menikah di sana, dan laki laki harus berperang," tutur Febri.

"Padahal di propagandanya sebelumnya tidak dibilang seperti itu, kita tidak diwajibkan berperang kita bebas tinggal di sana, bebas mendapatkan fasilitas tapi kenyataannya (tidak)." "Bahkan orang orang sipil di sana yang tidak mau bergabung dengan pihak ISIS pun tidak mendapat fasilitas, bahkan dikucilkan," imbuhnya. Febri juga mengungkap sulitnya mencari keluarga besarnya di Suriah.

Tak sebentar, ia baru bisa melihat keluarga setelah 5 bulan kemudian berjuang dan mencari di berbagai kota. Dirinya pun sempat tertangkap dan juga ditahan. Bahkan berpura pura sakit agar selamat dan bisa berpindah tempat untuk mencari keluarga.

"Itu luar bisa panjang pak (ceritanya), jadi pas saya masuk ke sana itu, saya tidak bisa langsung ketemu, kurang lebih sekitar 5 bulan kemudian, saya baru bisa melihat keluarga saya," terangnya. "Saya sempat tetangkap oleh salah satu faksi, ditahan juga selama sebulan, terus pindah ke beberapa kota, cari informasi." "Akhirnya Alhamdulilah bisa masuk dan ternyata pas saya sampai di sana, mereka sudah mau balik gitu," ucapnya.

"Waktu itu saya sampai bilang pura pura sakit pak, pokoknya kita cari alasan." "Memang itu berbahaya sekali, kalau kita tidak mau ikut berperang taruhannya kan nyawa, jadi kita coba cari cara cara, saya pura pura sakit sampai benar benar dibawa ke rumah sakit, dan Alhamdulilah pak saat sampai di rumah sakit, saya disuntik, saya dikasih obat, saya jadi sakit beneran di situ." Dari sekian ceritanya itu, Febri memiliki pesan kepada masyarakat Indonesia terutama para pemuda.

"Jangan percaya dengan kelompok kelompok seperti itu, karena Islam kan rahmatan lil alamin , Islam itu agama yang damai, kita bertoleransi tergadap sesama," tutur dia.

Baca Juga

Ma’ruf Amin Saksikan Putusan Mahkamah Konstitusi Lewat Televisi

Diana Nurhani

10 Daerah Alami Kemarau Terpanjang 2019, Lakukan Sholat Istisqo Salat Minta Hujan, Ini Tata Caranya

Diana Nurhani

Viral Video di Instagram, Presenter Bertingkah Lucu Saat Jelaskan Spesifikasi Boeing 737MAX 8

Diana Nurhani

Jadi Politikus Senayan Termuda, Hillary Berharap Duduk di Komisi X atau III DPR, Ini Alasannya

Diana Nurhani

Istana Sebut Dewan Pengawas KPK Bisa Langsung Bekerja Sejak rampung Dilantik

Diana Nurhani

‎Pesan Laode M Syarif untuk Pimpinan KPK Jilid V

Diana Nurhani

Prabowo Bantah Ada Utusan Jokowi Datang Menemuinya

Diana Nurhani

Tips Merebus Kikil Daging Kurban Supaya Empuk & Bau Amis Hilang, Simak 5 Tahapannya

Diana Nurhani

Dirut Baru Ditunjuk pada Januari 2020 Babak Baru Garuda Indonesia Bakal Ada Kejutan Erick Thohir

Diana Nurhani

KPU yang Bersikeras Tak Larang Eks Napi Korupsi Maju Jadi Calon Kepala Daerah Ketua Komisi II DPR

Diana Nurhani

KPU: Lawan Praktik Politik Uang pada Pemilu

Diana Nurhani

Asyik THR PNS dan TNI/Polri Cair Tanggal 24 Mei, Bukan Gaji Pokok Saja Lho, Ini Rinciannya

Diana Nurhani

Leave a Comment