Image default
Kesehatan

Sebaiknya Ajukan Empat Pertanyaan Ini ke Dokter Sebelum Tindakan Operasi

Terkadang untuk menyembuhkan penyakit tertentu, seorang pasien diharuskan melakukan proseduroperasi. Namun, bagi Anda yang belum pernah melakukan proseduroperasitentu akan khawatir dan merasa canggung sesaat sebelum melakukanoperasi. Meski demikan, tenanglah, karenasebelumoperasiatau bahkan pemeriksaan traumatis,dokterhanya akan memberi tahu pasien dan keluarga tentang risiko penyakit danoperasi.

Selain itu, baik keluarga maupun pasien terkadang melakukan percakapan sebelum melakukanoperasi, dan mereka juga menandatangani formulir persetujuan bedah. Nah, selain itu bagi Anda yang hendak melakukan prosedur operasi sebaiknya juga bertanya mengenai 4 hal sebagai berikut. Melansir dariToutiao.com, simak 4 pertanyaan yang sebaiknya Anda ajukan berikut ini:

Setiap operasi yang bersifat invasif, akan menyebabkan kerusakan pada jaringan atau risiko. Jadi pertama tama, pastikan untuk memahami risiko, biaya kerusakan, dan manfaat operasi atau bahkan operasi lain yang mungkin Anda terima. Pertanyaan yang mungkin konyol, namun tak ada salahnya Anda mencobanya karena ini sangat penting.

Karena operasi invasif bukanlah satu satunya pilihan, tetapi salah satu dokter mungkin akan menemukan yang terbaik. Selain itu, jika memang ada opsi lain Anda juga perlu mempertimbangkan metodenya bandingkan kekurangan dan kelebihannya daripada melakukan operasi. Banyak risiko operasi terkait erat dengan anestesi.

Anda harus berhati hati dengan anestesi Anda sendiri sebelum melakukan operasi. Pertanyaan ini umumnya memerlukan ahli khusus anestesi untuk bertanya, dan ahli anestesi pra operasi akan secara umum melakukan percakapan pra anestesi. Pada saat itu, Anda bisa bertanya mengenai risiko anestesi, juga pilihan lain untuk dipilih serta kelebihan dan kekurangannya.

Sebagian besar pasien atau keluarga mereka akan memerhatikan operasi dan anestesi itu sendiri. Bahkan penting, untuk memahami apa yang terjadi selama proses pemulihan pascaoperasi. Itulah beberapa hal yang sebaiknya perlu Anda pertanyakan sebelum melakukan prosedur operasi.

Sebelum operasi, semua orang akan memiliki pemahaman tentang kondisi, ukuran rumah sakit, kualifikasi ahli bedah, dan biaya operasi. Meski demikan, pertanyaan ini juga penting diajukan sebelum memulai prosedur operasi.

Baca Juga

Ria Irawan Sempat Sembuh Lalu Kambuh Benarkah Penderita Kanker Tak Bisa pulih 100 Persen

Diana Nurhani

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan 5 Manfaat Biji Buah Melon buat Kesehatan

Diana Nurhani

Vaksin Pertama Virus Corona Baru Tersedia Satu Tahun Lagi WHO

Diana Nurhani

Wanita Ini Bocorkan Foto-foto Situasi di Dalamnya Seperti Apa Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

Diana Nurhani

hingga Hati Ayam Tahu Termasuk Tempe Ini Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Hadapi New Normal

Diana Nurhani

Begini Cara Hitung Masa Subur yang Tepat Sedang Berencana Punya Momongan

Diana Nurhani

Lemon hingga Mangga 10 Buah Tersehat yang Bermanfaat Bagi Tubuhmu

Diana Nurhani

Bisa Menurunkan Stres 4 Manfaat Olahraga Bersama Pasangan atau Teman

Diana Nurhani

Survei Ungkap Berat Badan Orang Indonesia Rata-rata Tambah 6 Kg Usai Lebaran

Diana Nurhani

Dapatkan Manfaat Luar Biasa Ini dari Rutin Konsumsi Air Rebusan Daun Sirih

Diana Nurhani

Asal Tak Berlebihan 4 Minuman Dingin & Segar Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Diana Nurhani

Atur Pola Makan & dari Hidup Sehat Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Diana Nurhani

Leave a Comment