Image default
Techno

Simak 8 Tips buat Meningkatkan Kecepatan Internet

Tentunya, Anda mengandalkan kecepatan akses internet untuk bisa bekerja dari rumah dan menghadiri rapat lewat konferensi video atau mengunggah dokumen besar untuk urusan kantor. Sayangnya, jaringan internet rumahan tidak selalu bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat. Infokomputer melansir dari TIME (7/4), ada delapan cara untuk meningkatkan kecepatan internet saat WHF yang di antaranya:

Cara mendapatkan kecepatan internet yang paling baik adalah menyeimbangkan antara data apa yang dipindahkan secara online dan kapan waktu harus memindahkannya. Harus mulai rapat jam 9 tepat? Itu mungkin bukan ide terbaik jika banyak orang di daerah Anda melakukan kegiatan bandwidth tinggi pada saat yang sama, itu bisa memperlambat segalanya untuk semua orang. Solusinya? Tunggu beberapa menit untuk menghindari masalah koneksi dan mengurangi beban pada layanan panggilan dan konferensi video yang Anda gunakan.

Bahkan penundaan 10 menit dalam panggilan dapat meningkatkan kualitas dan mengurangi kemungkinan pemutusan. Sama seperti mengubah jam kerja, menjadwalkan mengunduh dokumen besar dan memperbaru (update) program saat pengguna internet sedang sedikit bisa mempercepat internet. Unduh dan update dokumen besar saat tengah malam, misalnya. Jika Anda menggunakan satu jaringan internet untuk beberapa perangkat, maka matikan saja perangkat yang idle atau sedang tidak digunakan tapi tetap menyala.

Meskipun setiap router berbeda, router Anda mungkin memiliki beberapa trik tambahan. Banyak router memungkinkan Anda untuk menyesuaikan bagaimana lalu lintas dibagi di antara perangkat, membiarkan Anda memprioritaskan perangkat tertentu, menempatkan komputer atau ponsel cerdas Anda terlebih dahulu dalam hal pengiriman dan penerimaan data. Selain itu, jika Anda memiliki router dual band (yang mendukung frekuensi 2.4GHz dan 5GHz), pertimbangkan untuk memindahkan komputer Anda ke band 5GHz, yang biasanya menawarkan kecepatan lebih cepat dengan kisaran biaya rendah. Penghalang seperti pintu, partisi, atau dinding bisa menurunkan kekuatan koneksi internet, apalagi kalau harus bekerja di ruangan yang berbeda. Untuk mengatasi masalah ini, pertimbangkan untuk menempatkan router nirkabel Anda di tempat yang terlihat mata atau setidaknya di tempat yang tidak terhalang.

Jika di rumah banyak orang menggunakan router yang sama, nampaknya Anda harus mengganti router dengan yang lebih mumpuni yang bisa mengatasi seluruh lalu lintas data internet dari berbagai perangkat. Jika Anda sudah menggunakan router nirkabel, Anda bisa melakukan upgrade ke yang mendukung MU MIMO, memungkinkan beberapa perangkat mengirim dan menerima data secara bersamaan. Anda juga dapat berinvestasi dalam jaringan router mesh untuk memperbaiki setiap titik mati internet. Menggunakan jaringan mesh juga berarti lebih sedikit tekanan pada router mesh, karena perangkat akan terhubung ke router terdekat.

Jika Anda memiliki opsi untuk melepaskan web nirkabel sepenuhnya, pertimbangkan untuk memutuskan kabel Ethernet dan membuat koneksi langsung antara perangkat Anda dan router Anda. Internet nirkabel tentu saja nyaman, tetapi satu kelemahannya adalah latensi waktu yang diperlukan untuk sinyal bolak balik antara router dan perangkat terutama dibandingkan dengan koneksi kabel. Yang lebih penting lagi ketika melakukan aktivitas dalam waktu nyata (real time), seperti bermain game kompetitif atau konferensi video dengan rekan kerja.

Latensi itu menyebabkan hilangnya informasi, yang mengarah pada kelambatan, kualitas yang menurun, atau headshots yang terlewatkan. Jika tips di atas tidak cukup membantu, Anda dapat mempertimbangkan membayar ekstra untuk koneksi Internet yang lebih cepat, baik dari penyedia Anda saat ini atau dengan beralih ke yang baru, jika tersedia. Perlu diingat, bahwa kecepatan internet Anda yang sebenarnya mungkin kurang dari angka yang diiklankan, karena berbagai alasan. Dan, jika berlaku, tanyakan kepada perusahaan Anda kemungkinan apakah mereka menawarkan segala jenis penggantian untuk tagihan Internet Anda saat Anda bekerja dari rumah.

Baca Juga

Daftar Harga Genset Terbaru, Mulai Rp 1 Jutaan hingga Rp 10 Jutaan

Diana Nurhani

Serial Baru Assassins Wu yang Dibintangi Iko Uwais Kini Tayang di Netflix

Diana Nurhani

ADVAN sebagai Smartphone Terbaik 2019 di PULSA Editors’ Choice 2019

Diana Nurhani

XIaomi Redmi 7A Berprosesor Snapdragon Ponsel Low End akan Dirilis Pekan Depan

Diana Nurhani

Hari Ini, Preorder Samsung Galaxy A50s sudah Dibuka

Diana Nurhani

Becak Listrik Dipamerkan di IIMS Motobike Expo 2019

Diana Nurhani

Seperti Whatsapp, Instagram Juga Punya Layanan Videocall Lho! Ini Tutorialnya

Diana Nurhani

WASPADA Penipuan melalui Call Forwarding buat Retas Akun Ojek Online

Diana Nurhani

Kiat Aman Bekerja di Tengah Wabah Corona dengan Teknologi HRIS

Diana Nurhani

Somesing Masuk Pasar Indonesia Gandeng Cashtree

Diana Nurhani

Harga di Bawah Rp 3 Juta Lancar PUBG Mobile & Call of Duty (COD) Rekomendasi HP Gaming Terbaik

Diana Nurhani

Spesifikasi dan Varian Warna iPhone 11 yang Rilis Besok, Saksikan Live Streaming Peluncurannya!

Diana Nurhani

Leave a Comment