Image default
Pendidikan

Termasuk Perundungan Waspadai 5 Hal Ini Hari Ini Senin 15 Juli 2019 Hari Pertama Masuk Sekolah

Selamat datang ' Hari Pertama Masuk Sekolah 2019 ' pada hari ini Senin 15 Juli 2019. Waspadai 5 hal ini, termasuk potensi perundungan! Hari ini Senin 15 Juli 2019 adalah hari pertama masuk sekolah bagi si kecil. Hari pertama sekolah bagi anak bisa menjadi moment yang menyenangklan sekaligus mengkhawatirkan.

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat hari pertama masuk sekolah karena bisa mengganggu kesehatan mental anak di hari pertamanya sekolah. Alih alih menjadi hari yang menyenangkan, hari pertama sekolah ini bisa menimbulkan trauma jika tidak diwaspadai. Perundungan atau bullying bisa terjadi di mana saja termasuk sekolah.

Bahkan kebanyakan kasus bullying terjadi di sekolah. Anda harus membiasakan anak untuk bercerita mengenai pengalamannya selama di sekolah setiap hari. Jika anak terbiasa bercerita, maka Anda akan langsung tahu jika anak mengalami perundungan.

Buatlah agar anak tidak takut menceritakan semua pengalamannya di sekolah kepada Anda sebagai orangtua. Lelah di hari pertama sekolah adalah hal yang sangat wajar dialami anak. Kegiatan di sekolah yang sebelumnya tidak dilakukan bisa cukup menguras tenaga si kecil.

Pahami kondisi anak yang lelah ini dan jangan memberikan tugas tambahan saat pulang sekolah. Biarkan anak beristirahat dan terbiasa dengan rutinitas barunya itu. Jangan sampai anak menjadi tertekan karena kelelahan sepulang sekolah di hari pertama dan masih Anda bebani dengan tugas tugas tambahan.

Berikan pengertian kepada anak mengenai standar nilai secara perlahan. Jangan langsung membebani anak dengan standar nilai yang harus dicapai di hari pertamanya masuk sekolah. Di hari pertama masuk sekolah, biarkan anak Anda mengenal lingkungan dan terbiasa dengan rutinitas barunya itu.

Jika anak sudah mulai terbiasa dan merasa nyaman dengan rutinitas dan lingkungan barunya ini, Anda bisa memulai diskusi mengenai standar nilai yang harus dicapai anak. Anda ternyata sudah memberikan toleransi kepada anak sepulang sekolah di hari pertama dengan tidak memberikan tugas tambahan apapun di rumah, tapi ternyata gurunya memberikan PR. Nah, peran Anda di sini sangat penting untuk membantu anak mengerjakan PR pertamanya.

Jangan sampai anak merasa takut dengan PR dan malas mengerjakannya. Atur waktu bagi anak untuk istirahat sejenak sepulang sekolah sebelum lanjut mengerjakan PR. Tidak semua anak bisa langsung berbaur dengan lingkungan barunya dengan nyaman.

Ada pula anak yang sangat tertutup dan takut bertemu orang orang baru. Sebagai orangtua Anda harus berusaha untuk membuat anak mau membuka dirinya dan mengenal teman teman barunya di sekolah. Beri pengertian kepada anak agar tidak takut memiliki teman baru.

Komunikasi antara Anda dan si kecil sangat diperlukan agar mengenal lingkungan dan teman baru di sekolah menjadi hal yang menyenangkan.

Baca Juga

Daftar di http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id, Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Diana Nurhani

Pentingnya Metode Belajar yang Kreatif yang Membuat Pembelajaran Lebih Menarik & Disukai

Diana Nurhani

Al-Mizan Majalengka Menjadi Pilot Project Pesantren Go Digital Bagi Pesantren di Indonesia

Diana Nurhani

Link Pengumuman SNMPTN 2019! Hasil Diumumkan Besok Pukul 16.00 WIB, Cek Namamu di Sini

Diana Nurhani

Buka Pelatihan Kuliner di Politeknik Sahid, Djunaedi Ingin Mahasiswa Tingkatkan Kreativitas

Diana Nurhani

Kronologi Viral ‘Ngesot’ Naik tangga hingga Minum Air Muntahan Ospek Mahasiswa Baru

Diana Nurhani

Diikuti 20 Kandidat, UI Gelar Seleksi Terbuka Cari Sosok Rektor

Diana Nurhani

Yuk Simak Trik Berikut Bagaimana Menyiapkan Dana Pendidikan buat Anak

Diana Nurhani

Doa Rasulullah Muhammad SAW Tiap Jumat Pagi dan 8 Keistimewaan Hari Jumat

Diana Nurhani

Pelajar Indonesia Bisa Kuliah menuju Luar Negeri! melalui Pameran Pendidikan Ini

Diana Nurhani

Universitas Al Azhar Indonesia Kembali Mewisuda 311 Lulusan S1 & S2

Diana Nurhani

Pertanyaan Najwa Shihab Dijawab Quraish Shihab di Depan Romo Budi Apa Hukum Ucapkan Selamat Natal

Diana Nurhani

Leave a Comment