Image default
Otomotif

Tips Merawat Aki Motor Saat Jarang Digunakan Selama Work From Home

Wabah virus corona atau Covid 19 membuat masyarakat banyak beraktivitas di rumah, mulai dari belajar hingga bekerja dari rumah atau work from home karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah. Hal pastinya membuat kendaraan seperti sepeda motor yang biasanya digunakan untuk beraktivitas ke luar rumah, menjadi jarang dipakai. Meski demikian, sebagai pemilik, kita harus tetap kita jaga selalu prima agar tetap siap ketika akan digunakan kapan saja.

Salah satu komponen utama pada motor yang perlu dijaga selalu prima adalah aki. Aki bertugas menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Untuk merawat aki motor tetap prima, Astra Honda Motor (AHM) membagikan beberapa tipsnya: 1. Lakukan pemanasan mesin motor secara berkala, bisa sehari sekali.

Endro Sutarno, Technical Service Division AHM mengatakan, sebaiknya memanaskan sepeda motornya cukup selama 3 4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik Apabila ada aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat proses pemasangan terutama berkaitan dengan sumber arus listrik yang akan digunakan. “Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor," ujar Endro, Minggu (10/5/2020).

3. Jika motor Anda menggunakan tipe aki basah, lakukan pengecekan secara berkala ketinggian air akinya. Pada dinding aki terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower. "Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah," saran Endro. 4. Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti Anda harus membeli aki baru. Cek dulu sistem pengisian daya listriknya.

"Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor," kata Endro. Endro menjelaskan, dengan melakukan hal hal tersebut masalah pada sepeda motor yang akan ataupun yang telah lama tidak digunakan dapat terhindari, serta tentunya tetap memberikan kenyamana dan performa optimal seperti sediakala. Endro juga mengungkapak, jika ada kendala pada smotor Honda, AHM bekerjasama dengan jaringan main dealer Honda siap memberikan pelayanan di seluruh Indonesia melalui jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

"Apabila pengguna motor mengalami kendala di tengah jalan, dapat segera kontak Call Center di resmi AHASS atau melalui pesan singkat 0811 9 500 989," kata Endro.

Baca Juga

Mobil Listrik Nissan Leaf dari Dijual Tahun Depan di Indonesia

Diana Nurhani

All New Ertiga Suzuki Sport Hadir di Kota Yogyakarta

Diana Nurhani

Toyota Janji akan Produksi SUV dan MPV Hybrid di Indonesia pada 2022

Diana Nurhani

Mobil TOGG Turki Mirip Prototipe Mobil Tiongkok yang Dipamerkan di Shanghai Auto Show 2017

Diana Nurhani

Pre Order Viar New Q1 via Blibli Berhak Potongan Harga Dirilis di GIIAS

Diana Nurhani

10 Tips Berkendara Aman Agar Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman Menyenangkan

Diana Nurhani

Besaran Budget yang Disiapkan buat Rekondisi Kaki-kaki Toyota Avanza

Diana Nurhani

Cara Mengetahui Tingkat Kerusakan Motor yang Terendam Air & Tips Mengatasinya

Diana Nurhani

Ketahui Tingkat Kegelapan Kaca Film di Mobil yang Ideal

Diana Nurhani

Ini Fungsinya Yamaha All New NMAX 2020 Ternyata Punya Tombol Lebih Banyak dari Motor MotoGP

Diana Nurhani

Boom Toys Sale! Diskon Aneka Mainan Hingga 70 Persen di Telkomsel IIMS 2019

Diana Nurhani

Penggemar Fanatik Paling Tersakiti Jika Sebuah Merek Otomotif Hengkang Pengamat

Diana Nurhani

Leave a Comment