Image default
Otomotif

Tips Merawat Aki Motor Saat Jarang Digunakan Selama Work From Home

Wabah virus corona atau Covid 19 membuat masyarakat banyak beraktivitas di rumah, mulai dari belajar hingga bekerja dari rumah atau work from home karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah. Hal pastinya membuat kendaraan seperti sepeda motor yang biasanya digunakan untuk beraktivitas ke luar rumah, menjadi jarang dipakai. Meski demikian, sebagai pemilik, kita harus tetap kita jaga selalu prima agar tetap siap ketika akan digunakan kapan saja.

Salah satu komponen utama pada motor yang perlu dijaga selalu prima adalah aki. Aki bertugas menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Untuk merawat aki motor tetap prima, Astra Honda Motor (AHM) membagikan beberapa tipsnya: 1. Lakukan pemanasan mesin motor secara berkala, bisa sehari sekali.

Endro Sutarno, Technical Service Division AHM mengatakan, sebaiknya memanaskan sepeda motornya cukup selama 3 4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik Apabila ada aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat proses pemasangan terutama berkaitan dengan sumber arus listrik yang akan digunakan. “Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor," ujar Endro, Minggu (10/5/2020).

3. Jika motor Anda menggunakan tipe aki basah, lakukan pengecekan secara berkala ketinggian air akinya. Pada dinding aki terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower. "Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah," saran Endro. 4. Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti Anda harus membeli aki baru. Cek dulu sistem pengisian daya listriknya.

"Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor," kata Endro. Endro menjelaskan, dengan melakukan hal hal tersebut masalah pada sepeda motor yang akan ataupun yang telah lama tidak digunakan dapat terhindari, serta tentunya tetap memberikan kenyamana dan performa optimal seperti sediakala. Endro juga mengungkapak, jika ada kendala pada smotor Honda, AHM bekerjasama dengan jaringan main dealer Honda siap memberikan pelayanan di seluruh Indonesia melalui jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

"Apabila pengguna motor mengalami kendala di tengah jalan, dapat segera kontak Call Center di resmi AHASS atau melalui pesan singkat 0811 9 500 989," kata Endro.

Baca Juga

Kalau Tampang Suzuki TS Jadi Inspirasi Modif Suzuki DR650 Urban Scrambler

Diana Nurhani

Jangan Abaikan Kesempatan Test Drive Tiga Tips Penting Sebelum Membeli Mobil

Diana Nurhani

Tarif dari Rp 700 Ribu Biaya Kursus Mobil di Malam Hari Lebih Mahal

Diana Nurhani

Lahir di Ambulans Ibu di Lebak Ini Mantap Namai Bayinya Amdes

Diana Nurhani

Bukan Avanza, Justru Fortuner Jawaranya Model yang Diekspor Toyota Indonesia

Diana Nurhani

Suzuki: Merawat Kendaraan Tidak di Bengkel Resmi Rawan Penggunaan Suku Cadang Abal-abal

Diana Nurhani

Ini Perkiraaan Insentif yang Dijanjikan Perpres Kendaraan Listrik Akan Segera Terbit

Diana Nurhani

Head Unit Ciamik Harga Irit Cuma di Otobursa Tumplek Blek

Diana Nurhani

Boom Toys Sale! Diskon Aneka Mainan Hingga 70 Persen di Telkomsel IIMS 2019

Diana Nurhani

Video Pemotor Melawan Arah Ngamuk Ke Polisi, Tak Terima Ditegur, Langsung Lemparkan Pukulan

Diana Nurhani

Polisi Tutup Layanan Perpanjangan SIM karena Corona Bagaimana Jika Masa Berlakunya Habis

Diana Nurhani

Delapan Checklist yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Berangkat Mudik Agar Perjalanan Nyaman dan Aman

Diana Nurhani

Leave a Comment